Selasa, 12 Juli 2011

Menonaktifkan fungsi autorun (autorun.inf)

Adakah di laptop atau komputer teman-teman yang ada folder autorun.inf? Nah, folder ini biasanya dibawa dari autoplay. Dan tak jarang juga folder ini sering dan bahkan dianggap virus oleh beberapa antivirus. Autorun.inf ini adalah sejenis worm yang mempunyai kemampuan untuk dapat menyebar secara otomatis tanpa tergantung kecerobohan atau kelalain manusia itu sendiri. Dan biasanya virus ini menyebar melalui media flashdisk secara otomatis.

Autorun.inf adalah suatu script AutoRun yang digunakan untuk menjalankan suatu file secara otomatis saat user akses ke suatu Drive atau saat user menghubungkan removable disk atau saat user memasukan CD / DVD ke dalam CD / DVD ROM. Pada umumnya autorun virus berisi script seperti dibawah ini:
[AutoRun]
open=virus.exe->file virus yang digunakan sebagai stimulus

shellexecute=virus.exe
shell\Auto\command=virus.exe
Shell = Auto

Nah, tujuan utama dari autorun tersebut dimaksudkan agar saat ditancapkannya flashdisk di computer atau laptop, maka flasdisk tersebut akan mengunduh file virus karena hidupnya autorun tersebut.
Nah, sekarang ini apa hal yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi penyebaran autorun.inf itu sendiri?? Salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyebaran virus lokal yang menggunakan metode tersebut adalah dengan men-disable (mematikan) fungsi Autorun/Autoplay pada Drive/Removable tersebut.

Adapun langkah-langkahnya yaitu:
# Untuk Windows XP
• Klik run atu win + R (caranya seperti kemarin
• ketik gpedit.msc
• Setelah itu pilih User Configuration
• Klik Administrative Templates
• Pilih System
• Turn off Autoplay
# Untuk Windows 7
• Klik Run atau tekan tombol Win + R
• Setelah itu salin tulisan ini dan pastekan di tab run gpedit.msc, setelah itu rubahlah Turn off Autoplay [User Configuration-Administrative Templates-All Settings-Turn off Autoplay]
• Kemudian klik 2 kali Turn off Autoplay dan pilih disable all drives atau cukup CD/DVD and removeable. Tergantung kamu pilih yang mana.
Dengan matinya fungsi autoplay computer, maka script autorun sendiri hanya akan menjadi file sampah yang tak ada gunanya. Setelah setting diatas ada baiknya sebelum mencolokkan flashdisk, terlebih dahulu kita show hidden files …[klik Tool-Folder Options- View- pilih Show Hidden Files and Folders sekalian hilangkan ceklist pada Hide protected operating system files (Recommendet)-Ok].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar